.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Kamis, 13 Januari 2011

GPU-Z: Identifikasi Graphic Card Anda!

Kadang teman-teman saya bertanya, apa sih pentingnya program identifikasi hardware? Saya jawab, ya buat kalian yang sehari-harinya komputer cuma dipakai buat ngetik surat dan ramban-ramban dunia maya sih memang seperti nggak ada gunanya. Tapi buat kami yang tiap hari gaulnya dengan hardware, terutama urusan instal-instalan program dan sistem operasi, program identifikasi hardware adalah program wajib punya yang selalu harus tersedia di flashdisk/flashdrive.


Pada dasarnya, program identifikasi semacam ini digunakan untuk mengidentifikasi hardware yang terhubung dengan komputer. Umumnya sih, hardware yang dideteksi adalah hardware yang ada di dalam casing si komputer.


Praktisnya, program identifikasi hardware digunakan ketika seorang teknisi baru selesai menginstal sistem operasi dan harus mencari driver khusus untuk komponen tertentu. Untuk mendapatkan driver yang cocok, teknisi harus mengetahui nama, merk, dan seri  komponen. Nah, dengan bantuan program identifikasi inilah data-data tersebut didapatkan. 


Fungsi lainnya, program ini dapat digunakan untuk mengecek hardware yang baru dibeli dari penjual. Dengan program semacam ini, Anda dapat mengetahui betul/sesuai atau tidaknya jenis barang dan spesifikasi barang yang Anda beli dengan yang tertera pada hasil identifikasi.


Terakhir, program semacam ini digunakan juga untuk benchmarking. Dengan program ini, data teknis suatu hardware dapat diperoleh. Data-data teknis hardware dapat digunakan sebagai acuan teoretis dalam benchmarking.


GPU-Z: Program Khusus Identifikasi Graphic Card
Program ini mirip sekali dengan CPU-Z buatan CPUID. Keduanya sama-sama program identifikasi spesifikasi dan keduanya berukuran tak lebih dari 1 MB. Keduanya pun tidak membutuhkan instalasi untuk dipasang. Cukup ekstrak isi arsip yang telah diunduh ke salah satu folder kemudian jalankan file programnya yang berekstensi .exe. Perbedaannya hanya satu: GPU-Z adalah program khusus untuk identifikasi graphic card atau VGA card.
Kemampuan GPU-Z: - identifikasi merk dan spesifikasi kartu grafis - identifikasi speed overclock kartu grafis (jika di-overclock menggunakan Ati Tools, misalnya) - support terhadap Windows 2000, XP, dan Vista (baik versi 32 bit maupun 64 bit) Download GPU-Z di sini! (dari server filehippo.com)

 -- by: Barley

Tidak ada komentar:

Posting Komentar