.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Minggu, 16 Januari 2011

Email Instan! Tanpa Daftar dan 15 Menit Punah

Berapa akun email yang Anda miliki? Satu untuk email pribadi, satu untuk email tugas atau pekerjaan, satu email untuk facebook, satu lagi untuk email forum, satu lagi untuk email subscribe atau daftar di macam-macam situs untuk keperluan macam-macam, satu lagi untuk keperluan nggak penting, dan satu lagi untuk email cadangan bagi email-email yang tadi. Atau jangan-jangan, Anda punya sekitar dua puluh sembilan akun email baik di hosting yang sama maupun yang berbeda sekadar karena Anda terlalu banyak daftar situs sana-sini, atau daftar forum sana-sini.

Lelah tidak sih, mengurus akun email sebanyak itu? Jangan-jangan, justru karena terlalu banyak, kebanyakan email tersebut malah tak terurus, tak dibuka-buka, dan akhirnya ditutup oleh si penyedia layanan email gratis. Lantas, untuk apa dong Anda repot-repot buat banyak-banyak akun email kalau akhirnya akan Anda biarkan tertutup juga?

Memang, dewasa ini, email cukup penting untuk beraktivitas di dunia maya. Email digunakan untuk mendaftar forum. Email digunakan untuk subscribe suatu layanan. Email digunakan untuk mendaftar akun Facebook dan situs jejaring sosial lain. Email digunakan untuk berkirim-kiriman barang. Email pun kadang diminta untuk mengunduh suatu program yang dipromosikan oleh perusahaan software. Singkat kata, tanpa email, kehidupan Anda di dunia maya suram.

Permasalahannya, banyak orang yang tidak inbox emailnya dipenuhi dengan surat-surat entah dari mana yang isinya pun tidak akan dibaca karena memang tidak ada yang menarik. Paling juga iklan. Kalaupun bukan iklan, ya spam, atau promosi yang akhirnya iklan-iklan juga. Banjir email tak penting semacam ini biasanya muncul setelah Anda mendaftar di suatu forum, situs jejaring sosial, atau mengunduh suatu program dengan menyertakan alamat email.

Nah, untuk menghindari kejadian banjir surat sampah semacam itu, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan banyak akun email atau membuat akun email khusus untuk kegiatan "daftar-daftaran". Solusi lain? Saya rekomendasikan untuk menggunakan layanan email instan atau disposable email.

Apa itu disposable email? Secara harfiah, diartikan 'email yang dapat dibuang'. Secara istilah, bisa diistilahkan sebagai email sekali pakai. Konsep disposable email adalah: tanpa mendaftar, Anda diberi satu alamat email dengan masa aktif tertentu; jika masa aktif tersebut habis, email otomatis dihapus. Masa aktif yang diberikan biasanya sangat singkat. Ada yang hanya sejam, ada yang setengah jam, ada yang 15 menit, 10 menit, bahkan 5 menit!

Keunggulannya, Anda tidak perlu mengisi data apa-apa, alamat email otomatis dibuatkan. Jadi, Anda tak perlu repot-repot menulis (atau memalsukan) nama, tempat tanggal lahir, alamat, pekerjaan ... bla bla bla. Anda pun tak perlu repot-repot mematikan alamat email tersebut jika sudah tak terpakai berhubung email tersebut akan dihapus sendiri apabila kadaluarsa masa aktifnya telah sampai.

Kekurangannya, masa aktifnya yang singkat membuat Anda harus bergerak secepat mungkin untuk memanfaatkannya. Selain itu, jangan sekali-kali menggunakannya untuk tujuan pendaftaran yang serius atau penting karena akan repot jika alamat email tersebut terhapus lima belas menit kemudian sedangkan Anda baru saja menggunakannya untuk mendaftar akun pembayaran online.

Nah, apabila Anda tertarik untuk mencoba, silakan cek alamat-alamat berikut. Situs-situs ini adalah penyedia layanan email instan. Jangan lupa, perhatikan batas waktu kadaluarsa akun email yang mereka tawarkan.

1. Mailinator - Let Them Eat Spam!
Email address otomatis dibuatkan tetapi Anda masih bisa membuat sendiri alamat yang diinginkan.

2. 10 Minute Mail
Alamat otomatis dibuatkan. Masa kadaluarsa email 10 menit. Masa kadaluarsa bisa diperpanjang dengan mengeklik link Give me 10 more minutes!

3. Dead Address
Tinggal isi captcha dan voila!

4. Mail Expire - Free temporary email address
Anda harus membuat sendiri alamat email. Anda bisa memilih masa aktif akun email, mulai dari 12 jam hingga 3 bulan.

5. Temp Email - Temporary, Disposable, Anonymous Email Address
Lumayanlah, tapi selain ini, tentunya pilihan-pilihan di atas bisa lebih baik untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar