.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Jumat, 14 Januari 2011

Mengaktifkan Kembali Task Manager

Pernahkah Task Manager di komputer Anda tiba-tiba nonaktif? Nonaktif maksudnya pilihannya di menu klik-kanan diabu-abui dan tak bisa diklik. Selain itu, apabila kombinasi CTRL+ALT+DEL ditekan, Task Manager tidak muncul.

Apa sih pentingnya Task Manager? Ohoho, bagi Anda yang belum tahu, Task Manager adalah suatu fasilitas krusial yang harus selalu siap untuk dipanggil kapan pun dibutuhkan. Task Manager digunakan untuk melihat daftar aplikasi yang dibuka, daftar service dan proses yang berjalan di belakang layar, serta untuk melihat grafik beban kerja prosesor dan memori komputer. Salah satu fungsi praktisnya adalah mengecek keberadaan proses mencurigakan atau kegiatan prosesor yang abnormal yang diakibatkan oleh program-program pengganggu semacam virus, worm, atau trojan. Itulah sebabnya, Task Manager yang dinonaktifkan biasanya dijadikan penanda bahwa komputer sedang terinfeksi sesuatu atau setidaknya dalam keadaan tidak normal.

Nah, untuk mengaktifkan kembali Task Manager, caranya sebenarnya mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik Start lalu pilih Run
  2. Tikkan REGEDIT pada kotak Run kemudian klik OK atau tekan ENTER pada kibor. Jendela program Registry Editor akan terbuka*.
  3. Di panel navigasi key registry di sebelah kiri, jelajahi alamat berikut:
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\
    CurrentVersion\Policies\system
  4. Di panel sebelah kanan, cari value DisableTaskMgr
  5. Klik kiri key DisableTaskMgr kemudian pilih Delete. (Kalau ditanya, "Are you sure you want to delete this value", jawab saja, Yes.
  6. Selanjutnya, kita menjelajah lagi. Pergilah ke alamat key:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\
    CurrentVersion\policies\system
  7. Di panel sebelah kiri, cari lagi value: DisableTaskMgr
  8. Lakukan langkah yang sama dengan nomor 5.
  9. Tutup jendela Registry Editor lewat menu FileExit 
  10. Sekarang, jendela Task Manager sudah bisa diakses lagi lewat klik kanan di Task Bar atau menggunakan kombinasi CTRL + ALT + DEL. 
  11.  
*Apabila Registry Editor tak bisa diakses, kemungkinan Registry Editor Anda pun dinonaktifkan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar