.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Sabtu, 31 Desember 2011

Kasukabe, Kiri-tansu, dan Referensinya dalam Anime

Ha, siapa yang tak kenal dengan kota di tempat yang bernama Kasukabe? Tunggu, Anda tak tahu?

Kasukabe, atau dalam sebutan Jepangnya Kasukabe-shi (春日部市), adalah sebuah kota di bagian timur Prefektur Saitama (埼玉県, Saitama-ken). Kasukabe berjarak sekitar 30 KM ke utara dari Tokyo. Aslinya, kota ini masuk ke wilayah administrasi Distrik Kitakatsushika dan Minamisaitama.

Lantas? Oh my ... oke, untuk para penggemar anime, tentunya nama Kasukabe sudah tidak asing. Kasukabe adalah kota tempat tinggal keluarga Nohara, alias setting tempat cerita Crayon Shinchan. Kasukabe juga menjadi setting tempat tinggal Konata dan kawan-kawan di serial Lucky ☆ Star.

Kota ini didirikan pada 1 Juli 1954 dan walikotanya adalah Ryozo Ishikawa. Pada 1 Oktober 2005, Kasukabe menggabungkan wilayah kota Shouwa dan Distrik Kitakatsushika dan membentuk wilayah Kota Kasukabe yang sekarang. Sebelum penggabungan tersebut, kota ini memiliki populasi 204.109 jiwa dengan kepadatan 5.395,43 jiwa per kilometer persegi. Sejak Maret 2010, populasinya diperkirakan telah mencapai 236.106 jiwa dengan kepadatan 3.580 jiwa per kilometer persegi. Total luas wilayahnya adalah 65,98 km per segi.

Berdasarkan data dari Kasukabe Guidebook for Foreign Residents, ada lebih dari 1.700 orang asing yang tinggal di kota ini. Penduduk asli Kasukabe sering disebut sebagai Kasukabian.

Kiri-tansu
Di Jepang sendiri, Kasukabe terkenal sebagai daerah produsen kiri-tansu (桐箪笥). Apa itu kiri-tansu?
Kiri-tansu (桐箪笥)
Kiri-tansu adalah tansu atau sejenis 'lemari berlaci' yang dibuat dari kayu pohon kiri. Kalau di Indonesia mirip dengan apa ya .... Hmm, entahlah, saya juga kurang hapal banyak jenis dan nama pohon di Indonesia. Yang jelas, pohon kiri itu nama untuk spesies pohon dari Genus Paulownia dan Famili Paulowniaceae dari Ordo Lamiales.
Sketsa tansu

Pembuatan kiri-tansu
Pohon kiri yang digunakan untuk bahan baku tansu adalah Paulownia tomentosa. Seperti apa pohonnya? Lebih kurang seperti ini.


Kayu pohon kiri yang telah ditebang dan dibentuk sedemikian rupa.


Referensi dalam Anime
Nah, ini yang menarik. Saya sebenarnya baru membaca tentang hubungan kiri-tansu dan Kasukabe malam ini. Lantas, langsung teringat pada salah satu episode anime yang duluuu sering saya tonton. Bahkan, kadang masih saya tonton sekali-kali di kala bosan atau butuh hiburan: Lucky Star.




Di salah satu episodenya, Miyuki Takara, teman dekat Konata sekaligus sebagai ketua kelas, sekaligus yang paling pintar di kelas, mengusulkan agar kelasnya melakukan penelitian dan presentasi tentang "sejarah dan konstruksi lemari berlaci yang dibuat dari kayu paulownia".


Ketika itu saya masih belum paham betul di mana letak "joke"-nya adegan tersebut. Sekarang, setelah tahu, akhirnya ketawa terbahak-bahak hampir dua menit penuh. Orang-orang sekitar saya bahkan sampai kaget dan terheran-heran.

Astaga ... ha ha ha!

1 komentar: