.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Sabtu, 10 Desember 2011

Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah a la Jepang

Pernahkah kamu membaca deskripsi biodata selebritas Jepang atau penokohan karakter anime di majalah atau tabloid? Umumnya, pada deskripsi biodata selebritas atau tokoh anime, disertakan pula golongan darah. Nah lho, memang apa pentingnya kita mengetahui golongan darah si artis/tokoh anime?

Untuk mempermudah identifikasi darah sebelum transfusi darah (jika diperlukan) apabila si artis mengalami kecelakaan mungkin bisa jadi alasan. Tapi, untuk karakter/tokoh anime yang bisa "hidup" dan "mati" sesuka pengarangnya?

Ah, ternyata, di Jepang, golongan darah adalah salah satu cara mengidentifikasi kepribadian seseorang--atau suatu tokoh, dalam konteks tokoh anime atau tokoh fiktif lainnya. Hubungan antara golongan darah dan kepribadian ini dirumuskan oleh Furukawa Takeji.

Furukawa Takeji adalah seorang profesor di Tokyo Women's Teacher's School. Ia memublikasikan karya ilmiahnya yang berjudul "Studi Temperamen Berdasarkan Golongan Darah di jurnal psikologi ilmiah pada tahun 1927.

Tipe A
Orang-orang dengan golongan darah A memiliki kekuatan mental di dalam dirinya yang membuatnya tetap tenang dalam krisis sementara orang lain panik. Akan tetapi, mereka selalu berusaha menghindari konfrontasi dan seringkali merasa tidak nyaman ketika berada di antara banyak orang. Orang Tipe A pada dasarnya pemalu dan tidak ingin berada di depan. Mereka selalu mencari ketenangan dan sangat sopan. Orang Tipe A juga adalah orang yang bertanggung jawab. Mereka menyusun kesuksesan setahap demi setahap dan selalu perfeksionis dengan pekerjaannya. Mereka juga kreatif dan paling artistik di antara tipe-tipe lainnya. Ini mungkin karena kesensitifan mereka yang cukup besar.

Tipe B
Orang-orang dengan golongan darah B adalah orang yang paling praktikal di antara yang lainnya. Mereka ahli dalam hal yang mereka kerjakan. Ketika mereka memulai suatu pekerjaan, mereka akan meluangkan waktu ekstra untuk memahami dan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan. Ketika mereka melakukan sesuatu, konsentrasi mereka tercurah sepenuhnya pada pekerjaan tersebut. Jika mereka sudah menetapkan tujuan, mereka akan mengerjakannya hingga selesai, bahkan jika hal itu tampaknya mustahil. Kadang-kadang mereka sulit diajak bekerja sama karena selalu ingin mengerjakan sesuatu berdasarkan ide, cara, dan metode mereka sendiri. Simpulannya, mereka individualis. Orang-orang Tipe B sering mementingkan logika mereka daripada kata hati. Oleh karena itulah mereka sering dipandang dingin dan terlalu serius.

Tipe O

Orang-orang dengan golongan darah O adalah orang yang ramah enerjik, dan sosialis. Mereka adalah golongan darah yang paling fleksibel. Urusan pekerjaan, mereka gampang memulai suatu pekerjaan namun justru sering kesulitan menyelesaikannya. Mereka terlalu mudah menyerah. Sifatnya yang angin-anginan membuat mereka kurang dapat diandalkan. Orang-orang Tipe A cenderung mengatakan apa yang ada di pikiran mereka apa adanya. Mereka menghargai opini orang lain dan senang menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang Tipe O punya rasa percaya diri yang (kadang kelewatan) tinggi.

Tipe AB
Orang-orang dengan golongan darah AB adalah yang paling sulit dikategorikan. Ini karena mereka memiliki sifat yang bertentangan dalam satu jiwa. Pendeknya, mereka punya "kepribadian ganda". Kacaunya, dua sisi kepribadian yang ganda ini seringkali bertentangan. Inilah yang membuat orang Tipe AB dapat memiliki dua sifat yang berlawanan dan dapat berubah sifat dengan cepat. Pada dasarnya, orang-orang Tipe AB dapat dipercaya dan diandalkan . Namun, mereka bisa kerepotan jika diberi beban terlalu banyak atau intens. Mereka tidak menolak untuk membantu selama bantuan yang diberikan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Orang-orang tipe ini tertarik pada seni dan metafisika.

Kecocokan Pasangan Antargolongan Darah


A cocok dengan A dan AB
B cock dengan B dan AB
AB cocok dengan AB, B, A, dan O
O cocok dengan O dan AB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar