.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Sabtu, 10 Desember 2011

Berbagai Jenis Sushi dan Penghidangannya


Siapa yang nggak tahu sushi? Wah, masa sih nggak tahu sushi? Sushi adalah makanan tradisional dan khas Jepang yang dikenal bukan oleh hanya orang Jepang. Dewasa ini, makanan ini telah dikenal oleh masyarakat di belahan dunia lain, termasuk Indonesia.

Pada dasarnya, sushi (すし, 寿司, 鮨, 鮓, 寿斗, 寿し, atau 壽司) adalah makanan tradisional Jepang yang terdiri dari nasi (shari) yang dikombinasikan dengan bahan makanan lain (neta). Nah, bentuk dan cara penyajian kombinasi makanan ini sangat beragam oleh karena itulah banyak sekali jenis sushi. Bahkan, meskipun memang ada jenis-jenis sushi tertentu yang populer dipesan oleh orang-orang di warung sushi, pada dasarnya setiap orang bisa mix 'n match kombinasi shari dan neta mereka masing-masing sampai tercipta kombinasi baru yang aneh sekalipun.

Akan tetapi, boro-boro menciptakan bentuk baru, mencoba satu per satu aja kayaknya belum semua orang di Indonesia sempat melakukannya ya? Nah, Berikut ini adalah beberapa nama sushi yang mungkin bisa Anda sekalian coba untuk cicipi jika kebetulan mampir ke warung sushi!

Nigiri, nigirizushi
Terdiri dari bola nasi, dengan irisan ikan, kerang, dsb di atasnya. Ada sangat banyak variasi nigirizushi. Yang paling umum adalah tuna, udang, belut, cumi-cumi, gurita, dan telur goreng.

Nigirizushi

Nigirizushi juga

Gunkan, gunkanzushi
Bentuknya seperti cangkir, terdiri dari nasi, dibungkus dengan lembar nori (rumput laut lembaran) kemudian diisi seafood dsb. Ada banyak sekali varian isi gunkanzushi. Yang paling umum adalah diisi dengan berbagai jenis telur ikan.

Berbagai variasi gunkanzushi

Close-up gunkanzushi dengan telur ikannya yang khas


Norimaki
Nasi sushi (shari) dan seafood yang dibungkus/digulung dengan lembaran nori (rumput laut kering). Variasi sushi ini jauh lebih banyak lagi dan bergantung pada isian serta ketebalannya.

Berbagai jenis norimakizushi

Di toko-toko, dijual pula norimakizushi yang isiannya dibentuk sedemikian rupa
sehingga tampak imut dan menarik

Temaki, temakizushi
Secara harfiah, temakizushi berarti 'digulung dengan tangan'. Bentuknya seperti corong/kerucut (cone es krim) yang dibuat dari gulungan nori yang berisi nasi, seafood, dan sayuran.

Temakizushi dengan bungkus kerucut

Variasi temakizushi yang bungkusnya berbentuk silinder, bukan kerucut

Oshizushi
Oshizushi adalah sushi tekan (sushi yang di-press). Ikan ditekan ke dalam nasi sushi dengan menggunakan kotak kayu.

Sajian chirashizushi yang sudah dikeluarkan dari kotaknya

Kotak kayu untuk mengepres chirashizushi

Inari, inarizushi 
Inarizushi adalah jenis sushi yang simpel serta tidak mahal. Sushi ini berupa nasi sushi yang diisikan ke dalam aburaage (tahu goreng). Ya, semacam tahu isi lah kalau di Indonesia.

Inarizushi dan isiannya

Penyajian inarizushi. Sekilas mirip tahu isi di Indonesia

Chirashi, chirashizushi
Chirashizushi adalah sajian berupa seafood, mushroom, dan sayuran yang ditebarkan di atas nasi sushi. Bentuknya bisa menyerupai donburi. Perbedaannya dengan donburi, chirashizushi menggunakan nasi sushi (shari) sedangkan donburi menggunakan nasi biasa yang polos/tidak dibumbui apa-apa.

Sajian chirashizushi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar