.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Minggu, 01 Januari 2012

Sejarah Lagu Auld Lang Syne


Should auld acquaintance be forgot,
and never brought to mind?
Should auld acquaintance be forgot,
and auld lang syne?

Refrain:
    For auld lang syne, my dear,
    for auld lang syne,
    we’ll tak a cup o’ kindness yet,
    for auld lang syne.

And surely ye’ll be your pint-stowp!
And surely I’ll be mine!
And we’ll tak a cup o’ kindness yet,
for auld lang syne.

(Refrain)

We twa hae run about the braes,
and pou’d the gowans fine;
But we’ve wander’d mony a weary fit,
sin’ auld lang syne.

(Refrain)

We twa hae paidl’d in the burn,
frae morning sun till dine;
But seas between us braid hae roar’d
sin’ auld lang syne.

(Refrain)

And there’s a hand, my trusty fiere!
And gies a hand o’ thine!
And we’ll tak a right gude-willie-waught,
for auld lang syne.

(Refrain)

Kenalkah Anda dengan lirik lagu di atas? Itu adalah lirik lagu yang sangat populer dinyanyikan oleh masyarakat penutur bahasa Inggris pada malam tahun baru, dikenal sebagai "Auld Lang Syne". 

 Lagu tersebut adalah sebuah lagu Skotlandia yang sudah sangat tua. Liriknya adalah puisi yang dikarang oleh Robert Burns di tahun 1796 dan dipublikasikan pertama kali dalam buku Scots Musical Museum edisi tahun 1796. Burns menerjemahkannya kemudian menambahkan beberapa perbaikan pada lirik tersebut setelah mendengarnya dinyanyikan oleh seorang tua dari Ayrshire, Skotlandia, yang juga daerah asal Burns.

Robert Burns
Akan tetapi, Guy Lombardo, seorang pemimpin band musik, bukan Robert Burns, adalah orang yang memopulerkan lagu tersebut dan menjadikannya sebuah tradisi malam athun baru. Lombardo pertama kali mendengar "Auld Lang Syne" di daerah asalnya di London, Ontario. Lagu tersebut dinyanyikan oleh para imigran Skotlandia.

Guy Lombardo
Guy Lombardo and His Royal Canadians
Ketika Lombardo dan saudaranya membentuk band Guy Lombardo and His Royal Canadians, lagu tersebut menjadi terkenal. Lombardo memainkan lagu tersebut di sebuah pesta malam tahun baru di Roosevelt Hotel di New York City pada 1929. Lantas lahirlah tradisi menyanyikan lagu tersebut.

Banyak yang menyebutkan bahwa "Auld Lang Syne" adalah lagu populer yang tidak banyak yang tahu arti liriknya. "Auld Lang Syne" jika diterjemahkan ke bahasa Inggris secara harfiah sama dengan "old long since" dan bermakna 'waktu pun berlalu'.

Lagu ini mempertanyakan apakah teman lama dan masa lalu akan dilupakan atau tidak. Di dalam lagu ini juga disebutkan janji untuk mengingat sahabat dan masa lalu dengan ketulusan "For auld lang syne, we'll take a cup o' kindness yet."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar