.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Sabtu, 02 Juni 2012

Fungsi dan Shortcut Tombol Winkey

Oha~! Konbanwa minna-sama.

Malam minggu. Ngapain ya enaknya? Ngeblog dong! Hahaha, sudah lama sejak ... kapan ya terakhir Barley menghabiskan malam minggu di warnet? Mungkin setahun yang lalu? Ketika Barley masih menjadi karyawan di sebuah warnet. Kini, Barley kembali menjadi pelanggan warnet. Tak apa, dulu juga begitu. Menjadi pelanggan warnet artinya kembali ke Barley yang dulu. Dengan begini, bisa bernostalgia ketika Barley menghabiskan malam minggu di warnet, berdua dengan Mint, membongkar dunia maya demi sejumput informasi. Rutinitas 10 tahun yang lalu itu. Dan bila bosan, kami menggila di server Sakray. Gratis, tapi puas.

Ah, kok jadi keluar dari judul ya? Oke deh, kembali ke pokok pembicaraan.

Teman-teman pembaca yang budiman, ada yang tahu nggak yang namanya Winkey? Itu lho, tombol keyboard yang dicap logo Windows. Biasanya, letaknya di antara tombol alternative (ALT) dan control (CTRL) sebelah kiri. Ada pula yang di kanan. Bergantung keyboard sih. Akan tetapi, umumnya keyboard zaman sekarang pasti melengkapi tombolnya dengan Winkey kecuali keyboard untuk sistem operasi atau komputer Apple--yang memasang tombol bercap Apple.

Winkey itu, kalau dipencet, sama fungsinya dengan mengeklik Start Menu dengan mouse. Nah, selain itu, rupanya Winkey juga punya fungsi shortcut alias jalan pintas. Winkey bisa digunakan untuk memanggil jendela Windows Explorer, Run ... , dan sebagainya. Lengkapnya, berikut ini adalah daftar kombinasi shortcut Winkey.

WinKey
Membuka dan menutup Start Menu

WinKey + D
Minimize semua jendela (program) ke Task Bar. Pencet lagi sekali lagi untuk menampilkan kembali semua jendela. Shortcut untuk tombol "Show Desktop".

WinKey + E
Membuka jendela Windows Explorer

WinKey + L
Mengunci (lock) komputer. Menampilkan layar login. Jika komputer Anda dipasangi password, Anda harus memasukkan kembali password untuk login.

WinKey + F
Membuka jendela pencarian file (Find files and folders)

WinKey + M
Mengecilkan (minizime) semua jendela program ke Task bar.

WinKey + Shift + M
Membesarkan semua jendela (maximize) setelah dikecilkan (minimize)

WinKey + R
Memunculkan kotak dialog Run.

WinKey + X
Membuka jendela Mobility Center

WinKey + Tab
Menjalankan Flip 3D*. Pencet berkali-kali untuk berganti pilihan jendela atau gunakan scroll mouse Anda.

WinKey + U
Membuka jendela Ease Of Access Center

WinKey + Pause
Membuka jendela Systems Properties. Jendela yang sama ketika Anda mengeklik kanan My Computer lalu memilih Properties.

WinKey + F1
Membuka jendela Windows Help & Support

WinKey + B
Memindahkan fokus kendali ke Task bar sehingga Anda bisa memilih program atau shortcut menggunakan tombol panah; pencet ENTER untuk menjalankan aplikasi atau shortcut.

Semoga bermanfaat ya!

-- by Barley

Catatan:
*Tentang Flip 3D, setahu Barley ini fitur khusus Windows 7. Di Windows XP jelas tidak ada. Tapi entah di  Windows Vista ya. Belum pernah pakai Vista soalnya. Di Windows 7 seperti ini rupanya:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar