.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Minggu, 17 Juni 2012

Mengembalikan Telnet di Windows 7


Telnet. Sebuah fitur yang bagi sebagian besar pengguna komputer--terutama bagi mereka yang tidak terlalu paham urusan teknik jaringan--hampir tidak pernah digunakan. Mungkin karena memang tidak tahu, atau memang tidak perlu. Tapi, Barley yakin, masih ada di antara pembaca sekalian yang masih menggunakan atau memerlukannya.

Telnet adalah program yang bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dari satu komputer ke komputer lain. Dulu, Telnet digunakan untuk mengakses antarmuka (sistem operasi atau program lainnya) di sebuah remote host (komputer/server yang letaknya berjauhan) secara command-line (perintah berbasis teks, ya jadi tampilannya mirip DOS-lah). Telnet juga bisa dipakai untuk mengonfigurasi modem atau router dari suatu komputer dalam jaringan. Cuma ya itu, dengan tampilan text-based dan perintah command-line.

Fasilitas Telnet sendiri, terakhir Barley temukan di Windows XP. Di windows 7, fasilitas ini sudah dihilangkan, rupanya. Mengapa? Ada banyak sebab. Pertama, fasilitas Telnet bawaan Windows rupanya memang sudah dilupakan. Pertama, untuk mengonfigurasi modem atau router misalnya, orang-orang sudah bisa menggunakan browser (peramban Internet) macam Firefox, Opera, Chrome, dsb. dengan mengakses IP address si modem/router di address bar masing-masing browser. Kedua, ada program yang bernama PuTTY, sebuah program Telnet yang lebih canggih dan populer daripada Telnet bawaan Windows.

Lantas, Untuk Apa Mengaktifkan Kembali Telnet?

Jawabannya, bagi Barley cuma satu. Untuk keperluan darurat dan kepraktisan. Katakanlah, di komputer yang Anda gunakan nggak ada yang namanya PuTTY, apalagi browser, tapi Anda harus mengonfigurasi sebuah modem/router yang letaknya jauh.

How To?

Baik, berikut ini langkah-langkahnya.
1. Buka Control Panel. Bisa dari Start Menu, atau dari Windows Explorer. Terserah.


2. Klik Programs, lalu di layar selanjutnya pilih Turn Windows features on or off.


3. Di jendela Windows Features, cari pilihan Telnet Client, kemudian beri tanda centang pada kotaknya. Jangan lupa klik OK!



4. Oke, Telnet siap digunakan!

Berikutnya, cara memanggil telnet:
Klik Start Menu, lalu ketik telnet di kotak pencarian. Kalau programnya muncul di daftar program tinggal klik atau tekan ENTER.




Voila! Telnet siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar