.:: Selamat Datang! Wilujeng sumping! Welkom! Welcome! Bienvenue! ようこそ! Willkommen! добро пожаловать! !أهلا وسهلا ::.

Selamat Datang~!

Selamat datang di blog Barleymintea. Blog ini dipelihara oleh Barley sebagai pengisi artikel komputer, teknologi, dan berbagai macam hal iseng lainnya serta Mint sebagai pengisi artikel tentang seni, musik, budaya, dan berbagai hal iseng lainnya juga.

Saran dan kritik dapat Anda layangkan ke: karabiner98kurz@gmail.com

Selamat meramban, selamat membaca. Semoga bermanfaat, dan semoga betah ... hehehe.

Salam~!

Sabtu, 14 Juli 2012

Incognito dan Private Browsing: Meramban Web Tanpa Jejak

Tiga peramban web (web browser) paling populer saat ini, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera memiliki fitur menarik (dan penting) yang wajib Anda ketahui dan manfaatkan fungsinya. Apalagi, kalau Anda adalah orang yang sering membuka web dari tempat umum dan menggunakan komputer yang dipakai bersama orang lain--misalnya warnet atau komputer rumah yang sering digunakan oleh para penghuni rumah.

Fitur tersebut adalah private browsing atau meramban tanpa jejak. Disebut private browsing karena ketika Anda meramban web menggunakan mode ini, peramban atau browser Anda tidak akan menyimpan browsing history, username dan password yang dimasukkan pada layar login, atau cookies.

Apa manfaatnya? Jelas, Anda bisa menyembunyikan riwayat Anda menjelajah/membuka web apa saja setelah browsing. Kerahasiaan akun Anda di berbagai situs juga bisa dijaga karena setelah menutup jendela browser, username dan password Anda akan dihapus dari memori komputer. Ini jelas bisa mencegah pencurian dan pembajakan akun dunia maya seperti akun email, blog, Facebook, Friendster (ha? masih ada ya? hahaha) forum-forum, dan game online.

Praktisnya, ketika Anda membuka sebuah jendela peramban dengan mode jelajah tanpa jejak, Anda tidak perlu khawatir ketika lupa logout setelah membuka akun personal di peramban tsb. Ini karena peramban secara otomatis menghapus data akun login beserta passwordnya dari memori setelah Anda keluar atau menutup jendela peramban tsb.

Incognito Mode

Ciri Incognito Chrome: ikon "detektif" di pojok kiri jendela Chrome.

Di Google Chrome, fasilitas tersebut dikenal sebagai incognito mode. Cara mengaksesnya cukup mudah.

  • Cara1: Jalankan Chrome. Klik kanan pada ikon kunci pas, lalu pilih New Incognito Window
  • Cara 2: Jalankan Chrome. Lalu, tekan shortcut CTRL + SHIFT + N.
  • Cara 3 (untuk Windows 7): Sebelum menjalankan Chrome, klik kanan pada ikon Chrome di Desktop. Lalu pilih New Incognito Window.
Catatan:
Kelebihan incognito mode Chrome adalah Anda bisa membuka satu (atau lebih) jendela mode normal dan satu (atau lebih) jendela incognito mode secara bersamaan. Firefox tidak bisa seperti ini, karena ketika berpindah mode (ke private browsing), Firefox akan membuka jendela baru yang modenya sama sekali berbeda. Meskipun Anda membuka dua jendela pun, Firefox tetap membuka jendela kedua tsb sebagai private mode


Maka dari itu, dengan trik incognito mode, Chrome bisa dimanfaatkan untuk membuka dua akun sekaligus dari situs yang sama dan dari komputer yang sama. Misalnya, membuka akun FB yang pertama di jendela normal mode sedangkan membuka akun FB yang kedua di jendela incognito.

Private Browsing

Ciri Private Browsing Friefox: Menu Firefox menjadi berwarna ungu.

Di Mozilla Firefox, fasilitas tersebut dikenal sebagai private browsing. Cara mengaksesnya cukup mudah.
Cara 1: 
  • Buka Mozilla Firefox. Klik menu Firefox (yang warna oranye itu lho) atau menu File
  • Di menu, pilih Private Browsing.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan "Would you like to start Private Browsing?". Anda bisa mencentang kotak "Do not show this message again" jika tidak ingin diperingatkan lagi tentang private browsing. Kemudian klik Start Private Browsing.
  • Firefox beralih ke mode private browsing. Tandanya, perhatikan menu Firefox yang berubah menjadi ungu--asalnya oranye. Atau, perhatikan title bar yang mencantumkan tulisan "Private Browsing".

Cara 2:
Setelah jendela Firefox terbuka, tekan shortcut CTRL + SHIFT + P. Biasanya muncul pemberitahuan juga, kecuali kalau Anda sudah mencentang kotak "Do not show this message again" tadi.

Catatan:
Untuk keluar dari mode private browsing, Anda cukup menekan kombinasi CTRL + SHIFT + P tadi atau menutup jendela Firefox.
Jika Anda beralih kembali dari mode normal ke private browsing tetapi Anda telah membuka beberapa tab yang menampilkan situs, tab-tab tersebut akan ditutup. Akan tetapi jangan khawatir, karena ketika Anda beralih lagi dari mode private browsing ke mode normal, semua jendela yang Anda buka sebelumnya itu akan dibuka kembali secara otomatis.

Private Tab

Di Opera, fasilitas tersebut dikenal sebagai Private Tab. Perbedaannya dengan incognito mode dan private browsing adalah, jika kedua mode tersebut hanya bisa dijalankan di jendela yang berbeda (atau mode yang berbeda), Opera mampu membuat dua tab yang berbeda mode (yang satu mode biasa yang satu lagi mode private) di satu jendela yang sama. Perbedaannya, tab yang ditandai private akan memiliki ikon seperti gambar berikut 


Cara mengakses private tab Opera sangat mudah. Anda cukup mengeklik kanan pada tab bar (bar yang ada judul-judul tab-nya itu lho) lalu pilih New Private Tab.




Catatan:
Private mode opera juga praktis dan unik. Kalau Chrome mampu membuka dua jendela dengan dua mode yang berbeda sekaligus sementara Firefox hanya bisa berpindah mode pada jendela yang sama, maka Opera mampu membuka beberapa tab yang mode jelajahnya berbeda (satu tab normal dan satu lagi tab private) di satu jendela sekaligus! Nah,

2 komentar:

  1. Nice gan...
    sy juga milih mode incognito, akan lebih aman dengan mode ini untuk berseluncur

    BalasHapus
  2. kalo semisal ada seseorang menggunakan incognito, kemudian dia mendownload video porno mungkin, apakah itu bisa terdeteksi oleh admin? karena dia menggunakan jaringan LAN, terdekteksi atau tidak?

    BalasHapus